Social Icons

Pages

Kamis, 05 Desember 2013

BEDUGUL

Buat para pencinta liburan di bali, tentu nama objek wisata Bedugul sudah tidak asing lagi terdengar di telinga anda. Ya dataran tinggi yang memiliki danau bernama Danau Beratan ini berada di ketingian 1250 meter diatas permukaan air laut. Bedugul memiliki iklim suhu di sekitaran 17 hinga 25 derajat, bahkan jika musim dingin tiba, saat bernafas anda akan mengeluarkan embun hangat yang bisa di lihat dengan mata telanjang.
Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan Bedugul
Di Bedugul juga banyak pasangan muda yang membuat foto pribadi mereka untuk kebutuhan Prewedding, namun di sini anda harus pintar-pintar menawar harga untuk retribusi kepada pemerintah setempat.

Sejarah Bedugul

Sejarah nama Bedugul ada beberapa versi antara lain ialah, Bedugul di ambil dari kata Bedug Masjid karena adanya masyarakat Muslim di Bedugul dan Kul atau Kul-kul alat komuniksi masyarakat Bali atau juga bisa di sebut kentongan. Perpaduan kata Bedug dan Kul itu menjadi nama Bedugul. Ada juga versi lain yaitu ( maaf ) Alat kelamin pria, dimana pada jaman dahulu seorang raja yang mandi di Danau Beratan dan di lihat oleh warga sekitar, sambil mengatakan bedogol Rata kelihatan, makanya daerah tersebut dinamakan Bedugul.

Islam di Bedugul

Di Bedugul ada sebuah masjid yang sudah berusia cukup tua yang bernama Masjid Besar AL-Hidayah, Bedugul. Masjid ini berada di atas sebuah bukit kecil di sisi sebelah barat Danau Beratan. Dari halaman atas masjid anda bisa memandang keseluruhan Danau Beratan yang indah serta hamparan bukit yang mengelilingi danau tersebut. Islam di sini sangatlah kental dan sangat toleransi terhadap umat lain, nyaris tidak ada gesekan yang timbul. Di Bedugul sendiri kehadiran masjid sangatlah banyak tersebar, jadi anda tidak perlu khuatir jika ingin mencari masjid yah.
Komunitas Muslim di Bedugul menurut salah satu sejarah ialah, dimana masyarakat muslim ini ialah bagian dari komunitas sidhu kabupaten Karangasem yang ber-etnis Lombok. Mereka dipindahkan oleh Raja Karangasem ke kawasan Bedugul. Sejarah juga mencatat saat Belanda akan masuk ke Bali melalui pesisir utara Singaraja, kerajaan Mengwi dan Karangasem juga turun membantu melawan Belanda disanalah masyarakat Islam Bedugul juga membantu untuk memukul mundur penjajah Belanda.

Objek Wisata di seputaran Bedugul

Beberapa objek wisata yang juga terdapat di kawasan Bedugul ialah, Pura Luhur Ulundanu Bedugul, Danau Beratan, Danau Tamblingan, Danau Buyan, Kebun Raya Eka Karya Bedugul. Selain itu juga terdapat objek wisata pendukung lainnya yang juga terkenal seperti Air Terjun Git-git dan Air Panas Angseri. Selain itu, di sana juga di dukung rumah makan halal di bedugul untuk menunjang paket tour muslim di bali.

Hasil Alam

Hasil alam dari kawasan Bedugul sangatlah melimpah ruah. Buah-buahan seperti strawberry, markisa, terong belanda, jeruk. Sayur-mayur seperti kembang kol, sawi, selada, cabai, tomat, brokoli, paprika dan masih banyak lainnya. Hasil alam ini di suplay untuk kebutuhan masyarakat Bali, serta untuk kebutuhan akomodasi pariwisata seperti Hotel, Villa di Bali dan restaurant.
Kebun strawberry di Bedugul
Kebun strawberry di Bedugul

Jarak tempuh

Untuk menuju objek wisata Bedugul, saat ini belum terdapat angkutan umum yang melayani rute Denpasar – Bedugul, namun anda bisa menggunakan bus kecil tujuan Denpasar – Singaraja dan turun di Bedugul. Jarak tempuh ke objek wisata ini dari Denpasar, sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Selama perjalanan anda akan di suguhkan pemandangan persawahan di kanan dan kiri, kemudian dilanjutkan dengan perkebunan Kol, Tomat, Cabai dan tentunya pohon strawberry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Yin And Yang

Sample Text

 
Blogger Templates